Jual Perumahan Syariah di Salatiga –¬†Wallpaper merupakan elemen utama dalam dekorasi ruangan hunian yang memang ampuh untuk membuat ruangan di rumah menjadi terlihat sangat menarik. Selain pengaplikasiannya cukup mudah, penggunaan wallpaper pun harganya relative lebih murah.

Akan tetapi, sejalan dengan waktu, warna wallpaper akan memudar karena penggunaan yang sudah lama. Apabila demikian, maka sebagai solusinya sebaiknya Anda perlu untuk mengganti kertas dinding tersebut dengan yang baru. Penggantian dekorasi ruangan yang satu ini juga bisa dilakukan apabila permukaannya mengalami kerusakan.

Pertanyaan, bagaimana melepas wallpaper dinding yang sudah lama terpasang?

Untuk mengelupasnya, Anda bisa melakukan sendiri kok! Ikuti saja tips dan cara melepas wallpaper dinding rumah yang mudah berikut ini!

Baca Juga: Ingin Beli Properti Syariah? Kenali Dulu Cirinya

Untuk Membuka Wallpaper Dinding, Tarik dari Ujung

Wallpaper yang belum lama dipasangkan bisa saja mengalami kerusakan, misalnya saja robek atau menggelembung. Jika di rumah Anda mendapati wallpaper Anda seperti ini, Anda hanya perlu membuka seluruh permukaan wallpaper dengan cara menarik dari bagian ujungnya. Proses penarikannya tidak sulit, karena bahan perekat yang digunakan untuk menempelkan wallpaper belum mengering dengan sangat sempurna dan belum menyatu tepat dengan dinding. Tapi memang, cara ini hanya bisa Anda lakukan apabila umur pemasangan paling lama berjalan beberapa bulan. Jika wallpaper yang terpasang sudag cukup lama, maka Anda memerlukan bantuan lain yaitu cairan khusus untuk mengupasnya.

 

Alat Bantu untuk Mengupas Wallpaper Dinding

Cara membuka wallpaper yang disebutkan di atas hanya bisa dilakukan pada wallpaper yang baru ditempel belum lama. Akan tetapi berbeda kondisinya jika wallpaper sudah terpasang lama bahkan sampai bertahun-tahun. Ada beberapa bahan maupun alat untuk membantu pengelupasan wallpaper tersebut. Alat dan bahan tersebut diantaranya adalah pisau dempul untuk mengelupas, steamer untuk membuat perekat sedikit mencair, cairan khusus, serta botol penyemprot. Benda-benda tersebut bisa digunakan sesuai dengan mekanisme pengelupasan wallpaper yang Anda akan lakukan.

 

Copot Semua Dekorasi dari Dinding Sebelum Melepas Walpaper

Langkah persiapan selanjutnya setelah bahan serta alat yang dibutuhkan sudah dipersiapkan, yaitu mencopot semua dekorasi serta pajangan yang terpasang di dinding. Misalnya seperti foto keluarga, lukisan, maupun tirai. Anda pun sebaiknya menggeser perabotan menjauh dari dinding atau dipindahkan ke ruangan lain. Perlu juga bagi Anda untuk menutup lantai serta barang-barang yang tersisa dengan menggunakan koran bekas atau plastik supaya tidak terkena kotoran ketika proses pengupasan berlangsung. Ini juga dilakukan supaya Anda dapat melakukan proses pengelupasan wallpaper di dalam ruangan tersebut dengan leluasa.

 

Gunakan Bahan Khusus Untuk Melepas Wallpaper Dinding

Jika semuanya sudah dipersiapkan, Anda dapat mulai proses pengelupasan dari ujung dinding dengan mencungkil wallpaper pada bagian ujungnya, kemudian dengan menggunakan tangan, tarik kertas yang sudah terbuka. Lakukan secara perlahan-lahan supaya tidak membuat lapisan plester dinding ikut terkelupas. Apabila kertas dinding sudah sangat sulit untuk dikelupas, semprotkan cairan khusus yang telah Anda buat sebelumnya. Setelah menyemprotkannya, tunggu sekitar 5-15 menit sebelum menarik wallpaper. Tidak usah disemprotkan dalam jumlah banyak, cukup sedikit saja sehingga lapisannya pun dapat terbuka.

 

Gunakan Steamer untuk Melepas Wallpaper Dinding

Anda dapat menggunakan steamer atau alat uap khusus untuk rumah. Uap panas yang disemburkan ke dinding dapat membuat perekat menjadi lebih renggang sehingga kertas dinding mudah dilepas. Sebelum menggunakan alat ini, buka dulu jendela serta pintu ruangan agar Anda tidak kepanasan. Lakukan proses penguapan sekitar 30-40 detik ke dinding lalu kelupas wallpaper dengan pisau dempul. Setelah terbuka, Anda cukup menariknya secara perlahan. Setelah proses tersebut, bersihkan dinding dari sisa lem dan perekat. Permukannya pun bisa Anda tempeli wallpaper lagi atau dicat ulang untuk tampilan ruangan yang lebih menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here