Jual Perumahan Syariah di Pekalongan –¬†Keramik merupakan material yang kerap dijadikan sebagai interior maupun eksterior suatu bangunan. Pada bangunan rumah hunian, material keramik biasanya digunakan sebagai material lantai maupun dinding. Keramik yang digunakan sebagai lantai dengan yang digunakan sebagai dinding memiliki tekstur yang berbeda.

Sebenarnya banyak jenis material lain yang bisa dijadikan sebagai lantai pada rumah. Namun material keramik merupakan material yang paling banyak dipilih dan digunakan masyarakat. Hal tersebut dikarekan material keramik lebih mudah didapat, memiliki banyak warna dan motif yang cantik, serta harga yang cukup terjangkau.

Karena kerap dijadikan lantai rumah, maka keramik biasanya memang telah di lengkapi dengan pelapis lantai. Namun, ada satu komponen lain yang tidak boleh dilupakan saat pemasangan keramik lantai yaitu nat.

Nat adalah suatu bagian yang merupakan celah sambungan antara keramik satu dengan keramik yang satunya lagi. Selain sebagai bagian penyambung antar keramik, nat juga merupakan pendamping keramik agar terlihat lebih rapi dan cantik. Nat memiliki sifat yang lebih fleksibel karena bahan pengisinya adalah mortar instan. Itulah mengapa celah antara keramik tersebut di isi dengan nat bukan dengan semen beton yang memiliki sifat keras dan mudah pecah.

Nat pada keramik juga berfungsi untuk mencegah terjadinya rembesan air khususnya pada area yang basah seperti kamar mandi. selain itu nat juga berfungsi sebagai pencegah masuknya serangga kecil ke dalam rumah melalui celah keramik.

Teknik Pemasangan Nat Pada Keramik

Ada 3 teknik yang digunakan dalam pemasangan nat pada keramik.

  1. Open Joint

Yaitu pemasangan keramik dengan ukuran nat yang lebih dari 3 mm. Hal ini dilakukan agar lantai keramik tidak gampang memuai.

  1. Closed Joint

Yaitu pemasangan lantai keramik yang memiliki ukuran nat tidak lebih dari 3 mm. Teknik ini biasa digunakan pada pemasangan keramik yang memiliki tingkat porositas rendah.

  1. Expansion Joint

Yaitu pemasangan keramik dengan menyambungkan nat untuk mengantisipasi terjadinya pergeseran struktur lantai keramik. Jika lantai mengalami pergeseran akibat yang akan terjadi yaitu lantai dapat menguap.

Baca juga : Desain Dapur Minimalis, Lebih Baik Menggunakan Lemari Wordrobe Atau Lemari Terpisah?

Tips Memasang Sendiri Nat Pada Keramik

Tidak perlu memanggil jasa tukang untuk memasang atau memperbaiki nat lantai keramik yang rusak. Anda bisa melakukannya sendiri karena caranya yang cukup mudah untuk dilakukan sendiri.

Berikut beberapa tips dalam memasang nat pada keramik. Tips berikut ini perlu anda simak dan perhatikan agar pemasangan nat pada keramik dapat berfunsgi dengan baik.

Pertama, anda harus memperhatikan celah antar keramik. Celah tersebut berpengaruh pada kekuatan nat itu sendiri.

Ke dua, ketebalan pengisian nat pada keramik. Pengisian nat pada keramik lantai dengan keramik dinding berbeda. Untuk keramik lantai dianjurkan memasang nat dengan ketebalan sekitar 3 mm. Sedangkan untuk pemasangan nat dinding cenderung lebih tebal yaitu sekitar 5 mm.

Ke tiga, membersihkan nat keramik setelah keadaan nat keramik benar-benar dalam ke adaan kering sepenuhnya. Jika nat masih dalam keadaan basah atau setengah kering langsung dibersihkan, maka akan berdampak pada kekuatan nat yang tidak optimal serta tampilan keramik menjadi tidak rapi.

Ke empat, membersihkan sisa nat keramik menggunakan kain basah yang bersih. Sebaiknya ulangi mengelap hingga 3 sampai 4 kali agar keramik terlihat lebih rapi dan mengkilap.

Jika anda ingin memiliki properti di kota Semarang, Salatiga, Pekalongan dan Kerawang, maka kami menjual perumahan Syariah yang dapat Anda miliki tanpa harus ada rasa khawatir terjerat dosa riba, tanpa sita, tanpa denda, tanpa bank.

Informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami melalui WhatsApp atau Telepon di 082233118123.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here