Jual Perumahan Syariah –┬áJika sudah masuk musim penghujan, apalagi bisa saja berlangsung dalam waktu yang cukup lama, maka ada beberapa hal yang harus diantisipasi sebelumnya, diantaranya kebocoran yang terjadi di rumah. Apabila hal ini terjadi di rumah Anda, tentu akan sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Itu sebabnya, apabila sudah mulai masuk musing penghujan, atau bahkan sebelumnya, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk memperbaiki atap atau talang yang bocor atau pun mengecek bagian-bagian yang lain yang mungkin menjadi jalan masuk bagi air hujan ke dalam rumah. Dengan demikian Anda tidak akan khawatir lagi apabila hujan turun dengan deras dan lama, rumah Anda akan aman dari air yang masuk dari berbagai celah kebocoran.

Tentu yang pertama dan yang utama untuk Anda periksa adalah atap rumah, karena atap rumah merupakan bagian utama rumah yang paling rentan terhadap air hujan. Sebagai elemen yang berperan penting sebagai pelindung di bagian atas rumah terutama dari air hujan, mengeceknya harus Anda lakukan pertama kali sebelum mengecek bagian lainnya.

Baca Juga: Tips Mudah dan Efektif Membersihkan Jendela Rumah

Anda dapat memulai pemeriksaan dengan memastikan posisi genteng, apakah susunannya sudah rapi, atau mungkin adakah genteng yang retak atau pecah. Ketika hujan sangat deras yang dibarengi dengan angin kencang, hal ini dapat merubah atau menggeser posisi genteng. Bahkan, gangguan-gangguan yang terjadi di musim kemarau pun bisa juga menyebabkan kebocoran atap yang tentunya akan cukup mengganggu ketika hujan datang.

Perhatikan juga apakah kemiringan genteng berubah di beberapa bagian. Jika ya, lanjutkan pemeriksaan pada kayu penyangga yang mungkin saja sudah rapuh karena cuaca maupun terserang rayap. Idelnya, kemiringan genteng yang baik adalah minimal 30 derajat. Apabila kemiringan genteng rumah Anda kurang sempurna, hal ini dapat menyebabkan air hujan masuk lewat celah-celah genteng tersebut.

Selain atap, Anda sebaiknya juga perlu memeriksa bubungan karena panas yang berkepanjangan bisa menyebabkan retak pada plesteran semennya. Retak ini tentunya akan menjadi jalan masuk air hujan yang akhirnya membuat tetesan air yang mengganggu yang bahkan dapat merusak perabotan yang lain. Jika didapati retak rambut, maka dapat ditanggulangi dengan memberi kawat kasa yang kemudian dapat Anda lapisi dengan water proof. Namun, jika retak yang ada cukup parah, maka Anda perlu memplesternya ulang

Selanjutnya talang air jangan lupa untuk Anda periksa juga. Talang air berfungsi sebagai saluran pembuangan air hujan agar dapat disalurkan ke pembuangan dan tidak meluap kemana-mana. Tidak jarang lubang yang berfungsi sebagai pembuangan air pada talangan ini tersumbat karena tumpukan daun-daun kering atau kotoran lainnya yang sudah menumpuk cukup lama selama musim kemarau. Maka sebaiknya periksa kondisi lubang talangan sebelum musim hujan datang. Apabila ada lubang yang tersumbat maka air akan mampet dan kemudian meluap dan bisa menimpa yang ada di bawah. Tidak hanya itu, Anda perlu juga memeriksa dan membersihkan saluran dari talang air yang menuju got atau luar rumah sehingga genangan air di sekitar rumah dapat dihindari.

Apabila Anda ada menemukan titik air yang menetes pada plafon rumah untuk pertama kali disaat hujan turun, setelah melakukan langkah di atas, sebaiknya segera melapisi dengan cat yang sama karena bintik-bintik air akan menjadi pemandangan yang kurang sedap karena hujan akan berlangsung cukup lama, supaya hunian tetap aman dan tentunya nyaman bersama keluarga.

Demikian beberapa persiapan yang dapat Anda lakukan agar rumah Anda siap dalam menghadapi musim hujan yang akan datang. Semoga berguna.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here