Close-up mouse sits near chewed wire in an apartment kitchen on the background of the wall and electrical outlet . Inside high-rise buildings. Fight with mice in the apartment. Extermination. Small DOF focus put only to wire.

Jual Rumah Syariah – Memiliki hunian yang bersih dan nyaman amatlah menyenangkan. Penghuni rumah akan betah berlama-lama tinggal dan beraktivitas di dalam rumah bersama keluarga tersayang. Akan tetapi, apabila di rumah ternyata banyak sekali tikus yang berkeliaran, maka hal ini akan membuat sangat tidak menyenangkan. Yang lebih dikhawatirkan tentunya akan sangat menyebalkan jika tamu yang datang ke rumah malah akan melihat tikus yang mondar mandir berseliweran di rumah.

Tikus merupakan hewan kecil yang tidak disukai banyak orang karena hewan ini biasanya hidup di tempat-tempat kotor, seperti got, pipa, sawah, dan bahkan tempat sampah. Itu sebabnya, tidak heran kalau tikus bisa saja membawa kotoran dan kuman ke dalam rumah. Jika demikian, maka hal ini tentu dapat memicu berbagai penyakit. Perlu diketahui bahwa Air kencing tikus memiliki bau menyengat dan mengandung bakteri berbahaya.

Seperti apa sih cara mengusir tikus yang perlu dan ampuh untuk diterapkan? Apalagi, melakukan upaya tersebut bukanlah hal yang mudah. Memang, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tikus berkeliaran di rumah, mulai dari memasang perangkap sampai meletakkan racun tikus. Akan tetapi, untuk membasmi tikus-tikus rumah dengan cara yang demikian tidaklah mudah. Nah, sekarang Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi ini, karena di bawah ini diulas beberapa cara yang ampuh untuk membasmi tikus di rumah Anda.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Jamur Pada Karpet Kesayangan Anda

  1. Kenali dahulu keberadaan tikus

Keberadaan tikus dapat anda kenali dengan menemukan lubang atau liang yang ada di sisi rumah. Sebaiknya periksa dengan seksama area rumah Anda yang dimungkinkan terdapat lubang yang mencurigakan sebagai jalan masuk tikus ke dalam rumah atau tempat bersarangnya hewan kotor tersebut. Jika Anda berhasil menemukannya, kemungkinan besar lubang tersebut merupakan lubang tikus. Untuk mencegah tikus balik ke sarangnya, segera tutup lubang tersebut. Selain itu, kotoran tikus dan bau yang tidak sedap yang ada di rumah juga bisa dijadikan tanda keberadaan tikus.

 

  1. Kelola sampah dengan baik

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa tikus adalah hewan kecil yang biasa hidup di tempat-tempat kotor, seperti got, pipa, sawah, dan bahkan tempat sampah. Pastikan jangan sampai di rumah Anda malah terdapat sampah yang berceceran. Sebaiknya Anda menggunakan tempat sampah yang layak pakai dan memiliki tutup yang berfungsi baik. Bersihkan sampah yang ada di rumah secara berkala. Dan yang terpenting jangan sampai terlalu lama membiarkan sampah menumpuk di dalam rumah.

 

  1. Pastikan area rumah selalu bersih

Bersihkan semua bagian rumah mulai dari ruang depan hingga dapur rumah secara rutin. Pastikan lingkungan rumah Anda harus benar-benar bersih, agar tikus tidak betah berlama-lama menempati rumah Anda.

 

  1. Tutup jalan masuk tikus ke dalam Rumah

Biasanya di rumah terdapat celah-celah yang menjadi jalan masuk bagi tikus. Yang paling sering diantaranya yaitu terdapat pada rongga bawah pintu, celah masuk kabel pada dinding, celah jendela, maupun celah pipa paralon. Perlu diketahui bahwa tikus bisa memasuki lubang sebesar 1,2 cm. Periksa dan tutup celah potensial yang terdapat pada area rumah Anda.

 

  1. Susun barang-barang dengan Rapi

Barang yang berantakan biasanya banyak terdapat di gudang sehingga akan memancing kedatangan tikus. Sebaiknya, susun lah barang-barang Anda dengan baik. Susun lah barang secara sistematis dan rapikan barang terutama di area gudang. ketika menumpuk barang, usahakan untuk tidak menempel ke tembok, untuk meminimalisir ruang gerak tikus dan akan memudahkan Anda memantau pergerakannya. Masukkan barang yang berceceran ke dalam wadah dan susunlah dengan rapi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here