Developer Property Syariah – Semua orang tentu menginginkan rumah yang selalu terlihat bersih merupakan keinginan setiap orang, karena rumah yang bersih akan membuat penghuninya menjadi betah berlama-lama di dalam rumah. Tidak hanya itu, rumah yang bersih akan membuat Anda menjadi lebih nyaman ketika menyambut tamu yang berkunjung. Rumah Anda yang bersih bisa jadi akan membuat tamu Anda menjadi terkesan dengan rumah Anda.

Anda sebaiknya mengetahui cara menjaga kebersihan rumah, karena hal itu merupakan cara termudah dalam merawat semua barang di rumah. Nah, menjaga rumah tetap bersih setiap hari sebenarnya mudah banget. Berikut ini ulasan sejumlah cara menjaga kebersihan rumah yang bisa Anda lakukan agar lebih nyaman ditinggali.

Baca Juga: Beli Rumah dengan KPR atau Cash? Ini Tips Untuk Para Milenial

Bersihkan Tempat Tidur

Bersihkan tempat tidur dengan rajin merapikannya setiap pagi. Awali dengan melipat selimut dan kemudian merapikan seprai sehingga tempat tidue Anda akan selalu terlihat bersih. Untuk membersihkan debu atau kotoran yang mungkin ada di tempat tidur, sebaiknya gunakan vacuum cleaner kecil.

Menyapu Lantai

Walaupun tampak sepele, menyapu lantai adalah cara menjaga kebersihan rumah yang sangat penting. Sapulah seluruh bagian rumah secara bersih. Saat menyapu, perhatikan sela-sela ruangan yang sangat kecil, semisal belakang pintu atau kolong lemari.

Gunakan Cairan Pembersih saat Mengepel Lantai

Gunakan kain untuk mengepel lantai secara rutin. Saat mengepel, gunakanlah cairan pembersih agar lantai terlihat mengkilau. Cairan pembersih juga bisa membunuh kuman yang mungkin hidup di lantai rumah kamu.

Cara Menjaga Kebersihan Dapur Rumah

Agar dapur juga terlihat bersih, kamu harus rajin mencuci berbagai alat dapur, semisal wajan, panci, pisau, piring, dan lain-lain. Setelah memasak, kamu harus segera mencuci peralatan masak. Begitu pula, setelah makan, segera cucilah piring dan sendok yang kamu gunakan. Jangan biarkan peralatan dapur yang kotor menumpuk di bak cuci piring. Selain merusak keindahan dapur, kuman juga dapat bersarang lebih lama pada alat-alat dapur tersebut.

Rutin Mencuci Baju

Jangan biarkan baju kotor menumpuk terlalu lama di mesin cuci atau di keranjang pakaian kotor. Selain tidak enak dipandang, kamu juga akan membiarkan kuman hidup lebih lama dalam pakaian kamu. Jika tinggal sendiri, kamu bisa mencuci baju sebanyak dua atau tiga hari sekali. Namun, jika sudah berkeluarga, usahakanlah mencuci baju setiap hari.

Menata Barang

Salah satu cara menjaga kebersihan rumah yang sangat penting adalah menata barang. Kamu harus memiliki manajemen penataan barang yang sangat baik. Jika tertata baik, kamu tidak perlu pusing lagi mencari kunci, buku, mainan, dan lain-lain. Selain itu, jika barang tertata rapi, kamu akan lebih nyaman saat menjamu tamu.

Cara Menjaga Kebersihan Rumah dengan Pemisahan Sampah

Untuk menjaga kebersihan di dalam rumah, pisahkanlah masing-masing jenis sampah. Pisahkanlah sampah plastik dan limbah rumah tangga. Dengan memisahkan jenis sampah, kamu bisa membuat semua anggota keluarga lebih sehat. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan sampah plastik untuk didaur ulang.

Simpan Sepatu secara Rapi

Agar seluruh bagian rumah selalu bersih, sangat penting untuk kamu menyimpan sepatu di rak sepatu. Taruhlah rak sepatu tersebut di bagian belakang rumah, dekat dapur atau gudang. Hal ini untuk mencegah kotoran dari sepatu menempel di bagian lain rumah.

Cara Menjaga Kebersihan Dekorasi Rumah

cara menjaga kebersihan rumah Selain furnitur, pajangan atau dekorasi rumah juga harus dibersihkan secara rutin. Jika hanya didiamkan, banyak debu yang bisa menempel pada dekorasi rumah. Bersihkanlah dekorasi menggunakan lap basah dan lap kering.

Bersihkanlah Peralatan Kebersihan

Selain membersihkan berbagai barang dan furnitur, kamu juga harus membersihkan alat kebersihan. Bersihkanlah kain pel, sapu, kemoceng, dan lain-lain. Hal ini mencegah alat kebersihan tersebut tidak menjadi “rumah” baru untuk kuman.

Itulah 10 cara menjaga kebersihan rumah yang dapat kamu lakukan. Semoga artikel ini menginspirasi kamu dalam merawat kebersihan rumah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here