Jual Perumahan Syariah – Jamur menyukai lingkungan yang hangat dan lembab, dan sporanya menyebar sangat cepat melalui udara. Kondisi basah dan lembab menyebabkan jamur mudah tumbuh, pada karpet rumah misalnya, terutama pada cuaca di musim penghujan biasanya identik dengan basah dan lembab. Perlu Anda ketahui kalau jamur merupakan musuh besar karpet karena akarnya dapat menggerogoti hingga serat-serat karpet.

Jika karpet Anda telah basah selama lebih dari beberapa hari, misalnya karena banjir, atau bila karpet yang basah lebih luas dari 2 meter persegi, Anda sebaiknya meminta bantuan pembersih karpet professional. Perbaiki hal yang jadi penyebab jamur (misalnya pipa yang bocor atau jendela yang rusak) sebelum Anda membersihkan noda apapun. Karena kalau penyebabnya belum diatasi, masalah akan tetap muncul kembali.

Ketika serat karpet sudah digerogoti oleh jamur, makan untuk mencabut jamur tersebut akan menjadi sulit. Ditambah lagi, bau yang mengganggu yang berasal dari jamur karpet ini. Akan tetapi, dengan tips dalam menghilangkan jamur karpet di bawah ini, maka Anda tidak perlu khawatir lagi.

Baca Juga: Ingin Renovasi Rumah dalam Sehari, Bisa Kok!

Langkah pertama, gunakanlah sarung tangan karet ketika ingin membersihkan jamur pada karpet Anda. Sebaiknya pastikan juga menggunakan baju yang berlengan panjnag untuk mencegah agar kulit lengan Anda tidak terkontaminasi oleh kuman, bakteri maupun jamur yang mungkin akan berterbangan ketika dibersihkan. Jangan lupa untuk menggunakan masker yang menutupi mulut serta wajah Anda ketika membersihkan jamur pada karpet. Masker yang Anda gunakan akan melindungi diri Anda dari sesak nafas atau alergi yang disebabkan bau jamur yang cukup menyengat.

Langkah selanjutnya, ketika membersihkan karpet dari jamur, usahakan Anda melakukannya di luar rumah, bukan di dalam rumah. Kecuali apabila memang kondisinya tidak memungkinkan, Anda tidak punya pilihan untuk melakukannya di dalam ruangan. Jika memang terpaksa dilakukan di dalam ruangan, maka disarankan untuk membuka jendela ke arah luar. Juga sebaiknya Anda menutup pintu yang mengarah ke ruang yang lain di rumah supaya jamur tidak menyebar ke ruangan lainnya.

Langkah Ketiga, setelah dibersihkan, sebaiknya karpet dikeringkan dengan bantuan sinar matahari langsung di luar rumah, namun bisa juga mengeringkannya dengan menggunakan kipas angin di dalam rumah. Kemudian, gunakan sikat berbulu kasar untuk menyapu serpihan-serpihan jamur yang ada pada kedua sisi karpet. Jangan lupa untuk membersihkan lantai di bawah karpet dengan sikat, kemudian dilanjutkan dengan membersihkan lantai tersebut.

Sangat disarakan untuk Anda menggunakan produk anti jamur yang khusus untuk karpet. Produk anti jamur ini dapat Anda semprotkan pada karpet yang bau akibat jamur. Sebaiknya perhatikan terlebih dahulu instruksi pemakaian yang ada pada kemasan produk anti jamur serta ikuti dengan baik petunjuk perawatan karpet yang dikenakan produk tersebut. Ketika menggunakan anti jamur, Anda sebaiknya memastikan cairan anti jamur tersebut benar-benar meresap sampai ke dalam serat karpet pada kedua sisinya supaya akar jamur dapat terkena anti jamur. Lalu, kedua sisi karpet disikat dan kemudian  didiamkan sampai kering. Sebaiknya tidak perlu membilas bagian yang disemprot anti jamur. Untuk hasil yang lebih sempurna, anti jamur sebaiknya disemprotkan juga lantai di bawah karpet dan biarkan mengering sempurna. Ulangi lagi penyemprotannya jika diperlukan.

Untuk menghilangkan sisa-sisa jamur yang ada pada ruangan setelah membersihkan karpet, Anda bisa menyalakan alat dehumidifier atau penjernih udara selama dua hari. Terakhir, jangan lupa untuk mencuci bersih semua peralatan yang telah dipakai untuk membersihkan karpet. Anda dapat menggunakan semprotan antijamur pada peralatan yang sudah digunakan tersebut untuk mencegah agar jamur tidak menular ke bagian lain di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here