Jual Rumah Syariah – Aliran listrik di rumah sering mati dan menyebabkan aliran air ikut tersendat? Jika iya, ada baiknya kamu menyediakan cadangan berupa pompa air tanpa listrik. Tepatnya, pompa ram hidrolik yang beroperasi dengan mengandalkan gravitasi. Cara membuatnya mudah, kok!

 

Keberadaan pompa air listrik di rumah adalah sesuatu yang umum. Tapi, pernahkah terpikir apa yang akan terjadi jika listrik di rumah mati? Tentunya, air di rumah akan ikut mati atau tak akan mengalir keluar, bukan? Oleh sebab itu, sebaiknya kamu menyediakan pompa ram hidrolik sebagai cadangan.

 

  1. Apa Itu Pompa Ram Hidrolik?

Pompa ram hidrolik merupakan alat sederhana yang beroperasi tanpa menggunakan motor dan listrik. Alat ini bekerja dengan mengandalkan tekanan aliran air dari sumber yang kamu gunakan.

 

Oleh sebab itu, laju alirannya cenderung lebih rendah atau kecil dibanding pompa listrik. Tak hanya itu, kamu perlu memastikan bahwa di dekat rumah ada sumber air yang dapat terus menerus mengalir.

 

  1. Cara Membuat Pompa Ram Hidrolik tanpa Listrik

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat pompa ram hidrolik tanpa listrik tak banyak, kok. Bahkan, kamu hanya perlu mengeluarkan dana kurang lebih Rp500 ribu untuk membuat jenis pompa air ini. Alat utama yang dibutuhkan adalah pompa hidram.

 

Lalu kamu memastikan bahwa sumber air mampu menyediakan kurang lebih 2-3 galon air per menit. Ini penting, agar aliran air tidak terhambat untuk mencapai tempat penampungan akhir. Setelah kedua hal tersebut tersedia, kamu bisa melakukan instalasi dengan langkah berikut:

 

Lakukan instalasi pompa hidram dengan memasang hidralik ram ke sumber air.

Pastikan kedalaman hidralik ram minimal satu setengah kaki di bawah sumber aliran air.

Siapkan pipa sepanjang 10-15 kaki lebih panjang dari jarak pemasangan, pipa ini biasa dikenal sebagai pipa pompa hidram atau pipa penggerak.

Pasang filter air untuk menyaring kotoran dan benda asing yang terbawa.

Pasang flexible polyethylene tubing di ujung pompa yang menghadap tempat penyimpanan air di penampungan.

Baca juga : Ayo Buat Kualitas Udara Di Rumah Sejuk Secara Alami

  1. Cara Kerja Pompa Air Tanpa Listrik

Pompa ram hidrolik memiliki cara kerja yang berbeda dengan pompa listrik. Sumber energinya adalah tekanan air yang mengalir dari sungai, kolam, sumur, danau, dan sumber air lainnya yang kamu gunakan.

 

Aliran air dari sumber air akan mengalir menuju pipa penggerak dan pada akhirnya memicu pompa untuk beroperasi. Ketika valve pembuang menutup, air akan bergerak ke arah wadah penampungan tekanan udara. Tekanan yang dihasilkannya akan menutup saluran udara tersebut dan memaksanya untuk memberi tekanan balik. Hal ini akan membuat check valve menutup sehingga air mengalir menuju pipa keluar dan masuk ke panmpungan air.

 

Tak hanya itu, ketika check valve menutup maka pipa penggerak juga akan memantulkan tekanan parsial. Pada akhirnya, ini menyebabkan valve pembuangan kembali terbuka dan air mengalir kembali menuju sumbernya.

 

Kelebihan & Kekurangan Pompa Ram Hidrolik Tanpa Listrik

Memiliki pompa air tanpa listrik memang menguntungkan, tetapi tetap saja alat ini memiliki kekurangannya sendiri. Sebagai perbandingan yang objektif, kamu harus mengenali terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya.

 

Berikut berbagai kelebihan pompa ram hidrolik:

 

Bisa berfungsi tanpa menggunakan listrik

Perawatannya jauh lebih mudah dibandingkan pompa listrik

Solusi terbaik jika pompa air listrik mati total

Alat bisa bekerja selama 24 jam non-stop selama ada aliran air

 

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut , terimakasih.

Kantor Karawang

Ciwaringin, Lemahabang, Karawang Regency, West Java 41383

Customer Service: 0856-9522-4032

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here