Jual Perumahan Syariah di Pekalongan – Tahukah Anda, ternyata ada hal-hal sepele yang justru mnejadi penyebab tagihan listrik Anda membengkak? Padahl bisa saja anda berfikir sudah berhemat dalam pemakaian listriknya, namun dibingungkan mengapa tagihan listrik tetap saja selalu mahal. Jika Anda mengalami hal demikian, Anda perlu membaca ulasan tentang hal kecil yang membuat tagihan listrik mahal di artikel ini sampai selesai.

 

  1. Lupa Cabut Colokan Listrik Seharian

Jika Anda sering membiarkan colokan listrik tetap menempel di lubang colokan begitu saja tanpa mencabutnya, sebaiknya mulailah mengubah kebiasaan ini sekarang! Tanpa Anda sadari, colokan alat elektronik apapun, jika yang masih menempel pada stop kontak, maka akan tetap menyedot daya listrik. Jadi, walaupun tidak Kita pakai, tapi listrik akan tetap tersedot karena colokan masih menempel di stop kontak. Jadi, yang harus Anda lakukan adalah selalu mencabut semua colokan benda elektronik jika tidak digunakan. Mulailah dari hal-hal yang kecil, seperti mencabut charger handphone setiap selesai digunakan.

Baca Juga: Tips Mudah Melepas Sendiri Wallpaper Dinding Di Rumah

  1. Menyalakan Lampu di Siang Hari

Mungkin Anda termasuk yang sering menyalakan lampu di rumah ketika siang hari. Hal ini umumnya dilakukan bagi orang-orang yang tinggal di rumah yang cenderung gelap. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk tidak menyalakan lampu di siang hari jika tidak benar-benar membutuhkannya. Jika memungkinkan, lakukan sedikit renovasi di rumah untuk menambah ventilasi agar cahaya yang masuk ke dalam rumah menjadi cukup, sehingga Anda hanya perlu menyalakan lampu kalau memang sudah benar-benar gelap.

 

  1. Tidak Pakai Lampu LED di Setiap Sudut Rumah

Lampu LED bisa tetap nyala dengan maksimal dengan penggunaan listrik yang jauh lebih hemat. Penggunaan lampu LED akan mengonsumsi listrik lebih hemat 80% hingga 90%. Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah lampu LED di setiap sudut rumah Anda.

 

  1. Rice Cooker Terlalu Lama Dinyalakan

Menyalakan rice cooker seharian  biasanya seringkali dilakukan oleh sebagian besar orang dengan tujuan untuk membuat nasi tetap hangat. Namun, Rice cooker yang dinyalakan terus-menerus tentu menyedot daya listrik yang cukup besar. Maka dari itu, cabutlah rice cooker apabila sudah selesai memasak nasi. Colokkan rice cooker 15 menit sebelum makan jika ingin menghangatkan nasi.

 

  1. Dispenser Dicolok Seharian

Meski air panas atau dingin tidak digunakan, dipenser yang selalu menyala dan dicolok akan menyedot tenaga listrik. Tak tanggung-tanggung, daya listrik yang dibutuhkan dispenser yaitu antara 80 hingga 450 watt. Bayangkan jika orang yang mencolok dispenser berjam-jam atau bahkan 24 jam setiap harinya. Untuk menghemat listrik, menyalakan dispenser 15 menit sebelum akan menggunakan air panas dan dingin akan membuat tagihan pln di rumah Anda akan menyusut.

 

  1. Menyalakan TV Tanpa Benar-Benar Ditonton

Menyalakan televisi bagi kebanyakan orang bukanlah benar-benar untuk ditonton, akan tapi, hanya untuk membuat suasana ruangan di rumah menjadi lebih hidup. Kebiasaan ini juga tentunya membuat Anda sangat rugi. Untuk mensiasatinya, nyalakan TV hanya saat akan ditonton. Penggunaan TV LED juga jauh lebih hemat.

 

7. Sering Buka Tutup Kulkas

Anak-anak biasanya lebih sering melakukan hal ini. Namun, Kita juga mungkin saja sering membuka tutup kulkas, apalagi saat sedang mengolah makanan. Untuk diketahui, pintu kulkas yang dibuka tutup malah akan menyedot daya listrik yang cukup tinggi. Selain itu, pintu kulkas yang dibuka terlalu lama juga akan mengalami hal sama. Perlu Anda tahu: Setiap dibiarkan terbuka selama 30 detik, kulkas butuh 30 menit untuk mengembalikan suhu.

Oleh karena itu, jangan terlalu sering membuka tutup kulkas. Jika butuh mengambil sesuatu di kulkas, Anda terlebih dahulu harus memastikan apa saja yang butuh untuk diambil, sehingga Anda hanya akan membuka kulkas sewaktu dibutuhkan saja.

Yuk, mulai ubah kebiasaan untuk membuat tagihan listrik jadi murah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here