4 Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Akan Membeli Rumah

Rumah Properti – Saat akan membeli sebuah rumah tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, apalagi jika rumah yang akan dibeli tersebut bernilai tinggi. Tentu saja kamu akan berekspentasi tinggi terhadap rumah yang akan kamu beli tersebut, tetapi sebelum membeli sebuah rumah dengan nilai yang tinggi, ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut ini agar kamu tidak menyesal saat memilih rumah yang akan kemu beli nantinya.

  • Lokasi

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum membeli rumah yang bernilai tinggi adalah lokasi, karena lokasi menjadi patokan penting ketika kamu akan membeli sebuah rumah. Ketika kamu akan membeli sebuah rumah, carilah yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Tidak masalah jika kamu tidak bisa mendapatkan rumah dengan lokasi yang dekat dengan pusat kota dan mencari lokasi rumah yang mungkin agak jauh dari pusat kota, selama akses transportasi memadai dan fasilitas umum seperti sekolah dan rumah sakit ada didaerah tersebut.

  • Keamanan

Ketika mencari rumah, sebaiknya kamu mempertimbangkan lingkungan sekitar, apakah aman atau tidak terutama untuk keluarga. Cari tahu, berapa petugas yang berjaga setiap harinya dan tentunya saat jaga malam. Temukan banyak informasi dari petugas keamanan tersebut, setidaknya akan membuat pikiran kamu tenang dan nyaman.

Baca Juga : Inilah Alasan Kenapa Rumah Minimalis Menjadi Pilihan Banyak Orang

  • Ketersediaan Air

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah kondisi ketersediaan air kamu bisa bertanya kepada penduduk sekitar apakah di daerah tersebut air selalu tersedia atau tidak. Baiknya tentu jika sudah memiliki sumur dan pompa sendiri. Namun jika belum, pastikan area rumahmu bukan daerah yang kerap kekeringan.

Selain ketersediaan air, pastikan juga kondisi air yang disalurkan memenuhi standar, yakni bersih, jernih dan tidak berbau. Air yang terkontaminasi bisa menimbulkan aroma tidak sedap dan juga penyakit kulit, tentunya kamu tidak menginginkan hal ini terjadi.

  • Kawasan Bebas Banjir

Banyak orang menganggap banjir sebagai bencana alam biasa, hal itu dikarenakan di beberapa wilayah, banjir sering terjadi rutin atau musiman. Padahal, dampak banjir tidak main-main, banjir bisa menjadi sangat merepotkan dan menyusahkan jika tidak ditanggulangi dengan baik.

Belum lagi, banjir juga bisa menyebabkan kerugian materil yang tidak sedikit. Bahkan, tidak jarang mendatangkan penyakit pasca banjir. Oleh karena itu, pastikan rumah baru yang kamu pilih berada di kawasan yang bebas banjir.

Itulah 4 hal yang harus kamu perhatikan saat akan membeli sebuah rumah, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here